Jumat, 25 Mei 2012

Makna kata "Bismillahir rahmaanir rahiiim"


Ketahuilah bahwa basmalah itu mengandung banyak keberkahan, dengan mengucap " Bismillahir rahmaanir rahiim" yang artinya " Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang." Dengan menyebutnya, maka berhasillah apa yang dicita-citakan dan siapa yang biasa membacanya maka terkabul dihormati masyarakat."
Kitab- kitab yang diturukan dari langit dan bumi itu ada 104. Lampiran Nabi Syits ada 60, lampiran Nabi Ibrahim ada 30, Lampiran Nabi Musa sebelum Taurat ada 10, dan kitab Taurat, Injil, Zabur, serta Al-Qur'an. Seluruh makna kitab-kitab tersebut terkumpul dalam surat Al - Fatihah dikumpulkan dalam basmalah dan makna-makna basmalah itu dikumpulkan pada "ba" nya Basmalah.

Diceritakan, ada seorang wanita bersuamikan seorang munafik. Dia setiap akan berkata dan mengerjakan sesuatu dia mengucapkan kata basmalah. Suaminya seraya berkata: " Demi Allah, pasti aku akan mempermalukan wanita ini." Suami lau menyerahkan sekantong dinar kepada istrinya seraya mengatakan: "Peliharalah uang ini jangan sampai hilang!". Kemudian disimpanlah uang itu ditempat tertentu dan ditutup. Suaminya secara sembunyi mengambil uang itu dan dibuang didalam sumur yang berada dipekarangannya, lalu suami tadi memintanya. Wanita itu langsung menuju ke tempat penyimpanan kantong uang seraya membaca "Bismillahiir rahmaanir rahiim" . Secepatnya Allah memerintahkan jibril untuk segera mengambilkan kantong dinardan mengembalikan ditempat semula. Wanita itu lalu meletakkan tangannya dan mengambil kantong. Ternyata kantong dinar masih tatap berada ditempat semula kemudian dia serahkan kepada suaminya. Alangkah kagumnya suami itu, spontan ia langsung bertoubat kepada Allah atas kemunafikannya.
(Syaikh Muhammad Nawawi Bin Umar Al-Jawi,1994: 7-8)

Subbkhanallah... semoga bacaan ini dapat dijadikan renungan bagi kita semua untuk selalu mengawali suatu perkataan maupun suatu kegiatan dengan basmalah.... :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Panduan Keluarga Sakinah . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates