Senin, 06 Agustus 2012

Keutamaan wanita shalat di rumah


Diriwayatkan dari Istri Humaid As Sasa'idi, Bahwasanya ia datang kepada Nabi SAW. seraya berkata: " Wahai rasullalah, sesungguhnya saya senang shalat bersamamu." Rasullallah saw. bersabda:
 " Aku tahu bahwa Anda senang shalat bersamaku, tapi shalatmu di rumahmu adalah lebih baik daripada shalatmu di kamarmu, dan shalatmu dikamarmu adalah lebih baik daripada shalatmu di rumahmu, dan shalatmu di rumahmu adalah lebih baik daripada shalatmu di masjidku."

Rasullallah saw. bersabda:
" Sungguh shalat seorang  wanita dirumahnya adalah lebih baik baginya daripada shalat dikamarnya, dan sungguh shalat wanita  di ruang rumahnya adalah lebih baik daripada shalat di pekarangan rumahnya dan sesungguhnya shalat wanita di pekarangan rumahnya adalah lebih baik daripada shalat di masjid".
( HR. Al Baihaqi dari A'isyah

Maksud hadits yang pertama, bahwashalat wanita dirumahnya yang ditempati untuk tidur adalah lebih utama daripada shalanya di ruangan rumah, dan shalat wanita di ruangan rumahnya adalah lebih baik daripada shalatnya di pekarangan rumahnya, dan shalatnya di pekarangan rumahnya lebih baik daripada shalat di masjid Nabi, karena mencari yang lebih terlindung dari hak dirinya. Sedangkan hadits yang kedua shalat di kamarnya adalah diruanagan rumahnya seperti diruang muka untuk tamu.

Rasullullah saw. juga bersabda:
"Shalat wanita dirumahnya adalah lebih utama  daripada shalatnya di ruang rumahnya, dan shalat wanita di kamar dalam adalah lebih utama daripada shalatnya dirumahnya."
( Hadits diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Ibnu Masud dan Al Hakim dari Ummu salamah)

Maksud bahwa shalat wanita ditempat mana saja yang lebih samar adalah lebih utama, karena benar-benar dapat menjamin keamanan dari timbulnya fitnah.

Rasullallah saw. bersabda:
" Shalat wanita sendirian adalah lebih utama daripada shalatnya berjamaah dengan kaum lelaki lipat dua puluh lima derajat. hadits ini ditangungkan kepada para wanita muda.
(Hadits diriwayatkan oleh Ad Dailami dari Ibnu Umar)

Rasullullah saw. juga bersabda:
" Bahwasanya shalat ang paling diintai Allah adalah shalat di tempat yang paling gelap di dalam rumahnya."

Dikutip:
Al-Jawi Umar Bin Nawawi muhammad Syaikh, KELUARGA SAKINAH, PT. Karya Toha Putra, Semarang, 1994


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Panduan Keluarga Sakinah . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates